Baca Artikel
Rekomendasi Ikan Lokal Untuk Disebar (Restocking) di Perairan Umum

Untuk meningkatkan jumlah populasi ikan yang berkurang akibat kegiatan penangkapaan yang dilakukan secara teru-menerus khususnya di perairan umum maka diperlukan kegiatan restocking. Restocking ikan diyakini mendukung upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Kegiatan restocking juga sering dilakukan oleh kelompok-kelompok yang peduli lingkungan, akademis, pemerintah bahkan personal dalam rangka memperingati kegiatan tertentu. Pada dasarnya restocking adalah menebarkan kembali jenis-jenis ikan yang menurut sejarahnya mendiami suatu perairan yang karena suatu sebab terjadi penurunan populasi atau tidak ditemukannya lagi jenis ikan tersebut. Sebelum melakukan kegiatan restocking, harus mengetahui terlebih dahulu kondisi stok ikan di perairan yang dipilih dan jenis ikan yang akan ditebar. Ciri dari perairan yang harus dilakukan penebaran kembali adalah perairan yang telah mengalami penurunan stok alami (depleting natural population), yang ditandai makin sedikit hasil tangkapan oleh nelayan. Untuk keperluan restocking sebaiknya menebarkan benih yang sudah cukup besar sehingga benih tersebut mampu mencari pakan alami dan menghindar dari predator.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui Bidang Perikanan Budidaya sudah berhasil mendomestikasi terhadap ikan-ikan spesies lokal yang digunakan sebagai ikan untuk direstocking di perairan umum utamanya disungai yaitu sebagai berikut :
1. Ikan Wader (Puntius binotatus)
2. Ikan Bloso (Oxyeleotris mamorata)
3. Ikan Rengkik (Hemibagrus nemurus)
4. Ikan Muraganting (Barbonymus altus)
5. Ikan Bader Merah (Barbodes balleroides)

Selain kegiatan domestikasi, Dinas Kelautan dan Perikanan juga melakukan kegiatan pertemuan dengan beberapa kelompok pembudidaya yang telah berhasil memijahkan ikan-ikan tersebut, yang dengan sukarela melakukan restocking ikan dari hasil pemijahannya.

Diharapkan ikan-ikan seperti ikan Mas (Cyprinus carpio), ikan Nila (Oreochromis niloticus), grasscap (Ctenopharyngodon idella), ikan Lele (Clarias) sudah tidak digunakan lagi untuk keperluan restocking karena telah banyak pembudidaya ikan baik perorangan maupun kelompok yang telah membudidayakan ikan-ikan tersebut serta berkurangnya populasi ikan asli lokal karena dominasi ikan tersebut. Di habitatnya ikan-ikan tersebut bisa menjadi predator bagi benih-benih ikan lainnya seperti ikan Wader karena sifat nya yang pemakan segala (omnivora).

Pengelolaan Perikanan Perairan umum sebagai upaya agar sumber daya ikan dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan perlu dilakukan secara bijaksana untuk menjamin ketersediaan stock ikan selain menjaga kelestarian habitat ikan dan pengaturan penangkapan khususnya diperairan yang sudah menunjukkan penurunan produksi perlu dilakukan restocking jenis ikan yang tepat. (bidangbudidaya)

Sources : https://dkp.jatimprov.go.id/index.php/2017/06/04/potensi-ikan-spesifik-lokal-jawa-timur-sebagai-ikan-untuk-restocking-di-perairan-umum/

Dokumentasi : Jhn /Subbid Perikanan/2019

Posted By admin | 29 januari 2019
Tags : Publik