Baca Artikel
Destinasi Terbaik Bagi Penghobi Ikan Hias - Pasar Ikan Hias Gunung Sari

Kota Surabaya sebagai salah satu kota metropolitan terbesar ke dua di Indonesia mempunyai banyak tempat wisata dan juga belanja seperti halnya tempat berlibur yang bertemakan alam, modern, serta pasar tradisional. Diantaranya yang menjadi satu-satunya pusat pasar ikan yang terintegrasi adalah di Pasar Ikan Hias (PIH) Gunung Sari. Terletak di Jl. Gunungsari No.71, Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur, menempatkan sebagai pasar yang letaknya cukup strategis dan cukup mudah di akses.

Sejarah Pasar Ikan Hias (PIH) Gunung Sari

Sebelum dibangunnya pusat pedagang ikan, khususnya di sektor ikan hias, banyak pedagang ikan hias kaki lima yang berjualan di pinggir jalan-jalan di sudut Kota Surabaya. Dikarenakan Pedagang ikan hias di Kota Surabaya yang tergolong cukup banyak, maka dengan adanya mereka melakukan transaksi jual beli ini menyebabkan kemacetan dan juga kesemrawutan. Mereka tersebar dan berjualan di sepanjang bantaran kali Brantas, Jalan Irian Barat, Jalan Patua, dan seputaran ruas Jalan Gunungsari yang mana ruas jalan ini merupakan ruas jalan yang padat lalu lintas, serta intensitas kendaraan yang melewati jalan ini sangatlah tinggi. Usaha para pedagang ini semakin membesar dan Membuat para pedagang lama makin besar bisnisnya, serta bermunculan para pedagang baru yang menyebabkan semakin banyak jumlah pedagang ikan hias ini.

Dari permasalahan itulah, kemudian Pemkot Kota Surabaya bersama dinas terkait, yakni Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dinas Pertanian Pemkot sebelumnya) berinisiatif untuk melakukan pembenahan dan penataan ulang para pedagang ke dalam suatu tempat khusus yang saat ini bernama Pasar Ikan Hias (PIH) Gunung Sari. Pasar Ikan Hias (PIH) Gunung Sari mulai dibangun pada tahun 2009, dan diresmikan pada pada tanggal 25 Agustus 2010, berdiri di atas lahan 2.711,65 M2 . Dengan jumlah kios sebanyak 158 kios yang terdiri dari 80 kios di lantai bawah dan 78 kios di lantai atas.

Pembangunan fisik PIH ini mem biaya sekitar Rp 4,4 miliar. Ditambah, Rp 200 juta untuk pengadaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan instalasi air bersih. Pelaksanaan pembangunannya sekitar selama tiga tahun (2009-2011). Sedangkan pengembangan dan pembenahannya sampai saati ini masih terus dilakukan.

Dengan adanya satu titik pasar khusus ikan hias di Kota Surabaya ini, maka menjadikan Pasar Ikan Hias (PIH) Gunung Sari ini sebagai salah satu destinasi penjualan ikan hias yang terintegrasi dan juga nyaman. (dikutip dari buku “Inovasi Pelayanan Publik Kota Surabaya 2014-2015” yang dibuat oleh Bagian Organisasi dan Tata Laksana Pemkot Surabaya, 2016)

Destinasi Pasar Ikan Andalan Surabaya

Sejak diresmikan pada tahun 2010 lalu, PIH kini mengalami kemajuan yang lumayan pesat. Tidak hanya menjadi jujukan warga Surabaya, akan tetapi juga menarik perhatian dari para pecinta ikan hias di sekitaran Surabaya. Para pengunjung PIH bisa dengan mudah mendapatkan berbagai jenis ikan dan juga segala pernak-perniknya seperti beragam jenis ikan hias air tawar, ikan hias air laut, ikan untuk budidaya konsumsi, tanaman dan media aquascapes, ataupun peralatan hobi yang berhubungan dengan dunia perikanan dan yang lainnya.

Bila anda hendak mencari berbagai jenis ikan hias tawar, beserta aksesorisnya anda dapat mencarinya di lantai satu, bila anda hendak mencari berbagai jenis ikan hias laut beserta aksesorisnya, anda dapat mengunjungi stand di lantai dua atau atas. Dari ke semua produk perikanan hias yang dipasarkan, dijamin punya kualitas yang baik dan juga tentunya dengan harga yang pas di kantong.

Pusat Pasar Ikan Hias Grosir

Selain ada stand tetap yang memasarkan penjualan ikan hias dan juga aksesorisnya secara eceran, di PIH juga ada pameran dan penjualan ikan grosir yang dijamin harga dan kualitas terbaik Bila anda membutuhkan jumlah ikan yang lumayan banyak, ataupun untuk dijual kembali, jangan lewatkan Pasar Grosir Ikan Hias Gunung Sari yang buka tiap dua hari dalam sepekan, yaitu hari Rabu dan juga hari Sabtu. Buka mulai pukul 06:00 sampai selesai, anda dapat berburu ikan murah sepuasnya.

Jenis ikan hias yang dijual di PIH Grosir adalah ikan cupang, ikan sumatra, ikan guppy, ikan terapi garra rufa, ikan koi, ikan mas, belut, berbagai tanaman aquascapes, ikan untuk budidaya seperti lele, patin, dan nila, dan berbagai jenis ikan hias air tawar lainnya.

Diharapkan dengan semaraknya Pasar Ikan Hias yang terpusat ini, menjadikan Pasar Ikan Hias Gunung Sari sebagai salah satu destinasi wisata pilihan di Kota Surabaya.

Kontributor : Ibs /Subbid Perikanan/2018

Posted By admin | 15 Oktober 2018
Tags : Publik